Direksi Menyapa Lintas - KAI Bersatu

Direksi Menyapa Lintas - KAI Bersatu (Doc Penulis)
Cikampek - Cikampek, 28 Februari 2019. Kami keluarga Railfans wilayah Daop 1 Jakarta mendapat undangan khusus dari PT. Kereta Api Indonesia untuk memeriahkan acara yang berlokasi di Stasiun Cikampek. Acara itu bernama "Direksi Menyapa Lintas - KAI Bersatu.". Acara itu digelar pada area taman Stasiun Cikampek yang begitu luas. Disana terdapat panggung besar, lokal jajanan (Food Street), dan tenda untuk berkumpul bersama para direksi untuk berinteraksi. Sebelum berangkat, kami berkumpul terlebih dahulu di Stasiun Gambir untuk di data dan berangkat bersama menggunakan bus.

Pukul 12:30 WIB perwakilan dari masing - masing komunitas mulai berkumpul satu per satu di titik point pertemuan. Yakni, di depan Kios UMKM Stasiun Gambir yang berada di Utara stasiun Gambir. Masing - masing komunitas mengirimkan perwakilannya sebanyak 5 orang. Kecuali IRPS yang diberikan kuota 10 orang. Tepat pukul 13:35 WIB, rombongan berangkat dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cikampek menggunakan 3 bus, yang di antaranya 2 bus untuk pegawai dan milenial BUMN, dan 1 bus untuk rombongan Keluarga Railfans se Daop 1 Jakarta.

Rombongan Keluarga Besar Forum Railfans Wilayah Daop 1 Jakarta yang berangkat menggunakan bus menuju Cikampek
Bus pun melaju cepat menuju stasiun Cikampek melalui toll dalam kota. Pukul 16:35 WIB, bus pun tiba di Stasiun Cikampek. Sesampainya di Stasiun Cikampek, rombongan langsung diarahkan menuju meja registrasi. Disana peserta mendapatkan kaos khusus acara dan snack. Setelah mendapatkan kaos acara, para peserta langsung bergegas berganti baju dengan kaos acara. Pukul 17:40 WIB, peserta dikumpulkan di tenda acara yang sudah disediakan panitia untuk diberi arahan dan rundown acara.

Setelah diberikan arahan dan rundown acara, para peserta pun dikumpul kan di tanah lapang untuk membuat yel - yel. Yel - yel sudah disiapkan oleh Kak Oetami selaku Sekretaris Daop 1 Jakarta, dan Kak Donda selaku Staff Humas Daop 1 Jakarta. Namun sebelum latihan yel - yel, peserta diarahkan dulu oleh teman - teman Reska Entertaiment untuk persiapan penyambutan Direktur Utama dan jajaran dan formasi saat ber foto bersama. Lalu, setelah itu para peserta kembali ke tanah lapang untuk latihan Yel - yel yang sudah disiapkan.

Latihan perdana para peserta acara "Direksi Menyapa Lintas - KAI Bersatu" saat membuat Yel - Yel

Pengarahan dan pemberitahuan Rundown Acara kepada para peserta Acara dari Reska Entertaiment

Para peserta acara menunggu detik - detik kedatangan Rombongan Direktur Utama dan Jajaran
Pukul 18:10 WIB, rombongan melakukan sholat maghrib bersama di Musholla Stasiun Cikampek secara bergantian. Pukul 18:40 WIB, Handy Talky (HT) seluruh staff yang berkaitan dengan penyambutan Direktur Utama dan jajaran mulai berbunyi. "Ya, Railtwo nya sudah melintas Karawang ya bapak - bapak. Mohon segera bersiap menyambut pak DU dan jajaran begitu bravo." Kepala Stasiun, Staff acara dan PKD melakukan gladi resik terakhir penyambutan Direktur utama dan Jajaran. Yang dimana, nantinya saat Kereta kedinasan tiba, Kepala Stasiun akan menyambutnya di tangga lalu turun untuk menyampaikan laporannya.

Pukul 19:00 WIB, Kereta Inspeksi 2 atau Railtwo memasuki emplasemen jalur 7 Stasiun Cikampek. Dengan kecepatan 10 km/h kereta pun merayap menuju batas semboyan 10G. Yang telah ditunjukkan oleh juru langsir Stasiun Cikampek dengan menggunakan lampu Handsign. Akhirnya Bpk. Direktur utama dan jajaran tiba di stasiun Cikampek. Yeay! Acara pun dimulai!

Kedatangan KAIS (Kereta Inspeksi) 2 di Stasiun Cikampek yang mengantarkan Direktur Utama PT. KAI berserta jajaran

Kepala Stasiun sedang memberi arahan agar Kereta Inspeksi sedikit lebih maju. Agar, pintu bisa terbuka tepat dihadapan tangga bancik yang telah disiapkan.

Kepala Stasiun melaporkan kondisi Stasiun Cikampek dan siap menerima kunjungan Bpk Direktur Utama PT. KAI Persero
Pukul 19:10 WIB, Acara pun dimulai. Setelah mendapat laporan dari Kepala Stasiun Cikampek tentang kondisi dan situasi Stasiun Cikampek. Kemudian Kepala Stasiun Cikampek membawa masuk Bapak Direktur utama dan rombongan menuju panggung acara. Di Acara, Rombongan disambut dengan tarian khas kerajaan Padjadjaran. Lalu, Rombongan menyaksikan Yel - yel dari para peserta Acara yang sebelumnya sudah latihan terlebih dahulu.
Tarian sambutan ala Kerajaan Padjadjaran untuk menyambut rombongan Direktur Utama dan Jajaran

Pengalungan bunga melati sebagai ucapan selamat datang kepada Direktur Utama Bpk. Edi Sukmoro 

Pemasangan 'Iket Sunda' kepada Direktur Utama Bpk. Edi Sukmoro

Semangat para peserta Acara dalam meneriakkan Yel - Yel
Rombongan yang menaiki KAIS diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Bpk. Edi Sukmoro selaku Direktur Utama PT. KAI Persero.
2. Bpk. Dody Budiawan selaku Direksi Komersial (D1) PT. KAI Persero.
3. Bpk. R. Dadan Rudiansyah selaku Kepala Daerah Opersional (DAOP) 1 Jakarta.
dan beberapa tamu undangan lainnya yang ikut didalamnya yang tak dapat disebutkan secara satu persatu. Kemudian rombongan diarahkan menuju Both Photo yang telah disiapkan sebelumnya. untuk berfoto bersama dengan para peserta secara bergantian.









Setelah serangkaian acara pembuka, dari penyambutan Rombongan, pemberian tarian sambutan khas Kerajaan Padjadjaran, lalu pemberian Yel - Yel dari para peserta, dan foto bersama dengan para peserta. Acara dilanjutkan dengan bincang hangat serta menonton video perjalanan Kereta Api selama 4 tahun kebelakang. Isi video tersebut adalah sebagai berikut :

1. Prestasi KAI dalam 4 Tahun Kebelakang :
- Pengaktifan KA di Pelabuhan seperti Tj. Priok, Belawan, dan lain lainnya.
- Perpanjangan Jalur KRL hingga Cikarang dan Rangkasbitung.
- Pembangunan LRT dalam rangka mendukung Asian Games 2018.
- KA Pangandaran relasi Bandung - Banjar dengan tarif 0 Rupiah
- Kereta Api yang lebih nyaman.

2. Kepala DAOP 1 Jakarta, Bpk. Dadan Rusdiansyah dan DAOP 1 Jakarta merupakan DAOP terbesar yang ada dengan predikat memiliki jadwal terbanyak, terpadat, dan tersibuk di seluruh wilayah kerja PT. KAI Persero.

3. Direktur Utama KAI Bpk. Edi Sukmoro berpesan kepada seluruh Insan KAI bahwa "Nanti akan ada dilaksanakan Pilpres dan oleh karena itu seluruh Insan KAI  harus tetap bersatu. Untuk melayani Masyarakat."
- Aktivasi KA Bandara, Strategisasional, Pengaktifan lintas Baru.

4. Railfans yang Akan Masuk KAI harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Integritas: Harus memberikan pelayanan yang baik.
- Kerja Keras: Disaat yang lain libur, pegawai akan POSKO.
- Menjadi Pelayan: Harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk penumpang

5. Dalam 1 tahun, penumpang PT. Kereta Api Indonesia Persero adalah sebanyak 394 Juta Orang. Pada tahun 2018 PT. KAI berhasil mengangkut penumpang 425 Juta orang. Potensi 2019 termasuk tinggi. Sebagai contohnya penumpang Pesawat yang akan berpindah ke KA. Karena biasanya orang takut naik Pesawat.

6. Proyek Strategis Negara yang telah diberikan Oleh Pemerintahan Jokowi - JK Kepada PT. KAI :
- LRT Jabodebek dengan Operatornya adalah PT. KAI Persero
- LRT Sumatera Selatan.
- KA Bandara Minangkabau, Solo, Soekarno Hatta, Kulon Progo, Kuala Namu.
- KA Trans Sumatera: Tanjung Karang - Banda Aceh
- Pembangunan KA di Kalimantan
- Pengembangan TOD Transit Oriented Development.

Itulah isi dari Video tentang pencapaian PT Kereta Api Indonesia selama 4 tahun kebelakang. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab berhadiah. Ini mampu menggedor kembali semangat para peserta yang sebelumnya mulai terlihat lelah karena acara mulai larut malam. Dari pertanyaan Jenaka sampai pertanyaan serius, semua dilontarkan. Para peserta pun langsung berebut bahkan ketika pertanyaan belum selesai diucapkan. Banyak hadiah yang tersedia. Salah satunya pulpen legendaris yang biasa Bpk. Edi Sukmoro pakai hanya untuk mentanda tangani surat mutasi (Memindahtugaskan) pegawainya.












Setelah sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama, dan penyalaan api unggun. Banyak makanan yang disuguhkan didalam acara. Ada Mie Lethek Jawa, Es Cendol Isabella, Nasi Goreng, Cemilan umbi - umbian, Bakso, Nasi Goreng, dan masih banyak lainnya. Serta, tidak ketinggalan pula Sate Maranggi yang menjadi cirikhas Makanan Tradisional Cikampek. Dan merupakan makanan kesukaan Bpk. Edi Sukmoro. Acara semakin meriah dengan mendatangkan dangdutan. Semua bergoyang gembira. Semua merasa puas dan senang dengan acara "Direksi Menyapa Lintas - KAI Bersatu". 













Hingga tibalah pukul 22:00 WIB. Rombongan bersiap untuk kembali menuju Jakarta. Bpk. Edi Sukmoro pun mengucapkan terimakasih sebesar - besarnya atas kemeriahan acara tersebut. Ia pun berpesan untuk selalu menjaga tali silahturahmi dan persaudaraan di antara Insan PT. KAI. Kemudian rombongan bergegas menaiki KAIS yang telah siap kembali mengantarkan Direktur Utama dan Jajaran kembali ke Jakarta. 

Terimakasih kami ucapkan selaku peserta dan Railfans Daop 1 Jakarta, kami senang, puas dan bangga bisa di undang hadir ke acara ini. Terimakasih kepada seluruh staff dan Railfans yang terlibat. Terutama kepada Bpk. Edi Sukmoro yang meluangkan waktu untuk menggelar acara sebesar ini. Kami yakin apapun yang terjadi. KAI akan terus bersatu selamanya. Sampai jumpa di event berikutnya. BRAVO PT. KERETA API INDONESIA! #AyoNaikKereta

Kontributor/Editor : PAP/WP
Photographer : PAP/SAR

Komentar

  1. Terima kasih railfans... Acara Direksi Menyapa Lintas kemarin seru karena ada kalian juga. Mari Bersatu melayani penumpang KA debgan sepenuh hati. Sampai jumpa di angkutan lebaran 2019...ciawwww #AyoNaikKeretaApi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai jumpa kak di Angkutan Lebaran 2019. Mari bersama saling bahu membahu untuk memberikan pelayanan terbaik. :)

      Hapus
  2. HALAH UJUNG-UJUNGNYA JADI BEMPER PETE SEPUR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pujiannya. :) Tapi kami tidak sehina itu untuk membela mati - matian. Kami tetap melakukan kritik dan saran kepada PT. KAI. Kami pecinta kereta. Bukan perusahaannya. Kalo memang ada yang salah, ya harus diberitahukan ke perusahaan. apalagi PT. KAI menjalankan Mandat SPM no. 25 tahun 2015, PM 2015, dan masih banyak lainnya. Jadi kalo mas punya kritik dan saran bisa diserahkan ke kami. Nanti akan kami bantu forward kepada yang bertanggung jawab. :)

      Hapus

Posting Komentar